Magang Divisi SPO di BRI Kanca Singarja

 

Pelaksanaan magang di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Singaraja atau akrab dikenal dengan BRI Kanca Sigaraja dilaksanakan pada hari senin s/d jumat, pukul 08.00-05.00 dengan kurun waktu +- 3 bulan. Selama melaksanakan magang saya ditempatkan di bagian Supervisor Penunjang Operasional (SPO). Divisi Supervisor Penunjang Operasional merupakan posisi yang menyupervisi kegiatan pengelolaan administrasi kesekretariatan. SPO menanggungjawabkan atau mencangkup seluruh pekerjaan bagian operasional yaitu bagian secretariat SDM, Logistik dan PAU. Penulis melaksanakan magang di divisi SPO karena merangkap pekerjaan di bagian Petugas Administrasi Unit (PAU) dan logistik. Dimana Petugas Administrasi Unit (PAU) merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam membuat dan mengadministrasikan laporan-laporan untuk menjaga keakuratan suatu laporan yang digunakan manajemen serta membuat konsep surat berdasarkan perintah dari atasan, dan bagian logistik yang bertanggung jawab dalam pengelolaan arus barang mulai dari pengadaan hingga pengiriman.

Pada awal kegiatan magang, ada kegiatan lelang roda 2 (dua) dan roda 4 (empat) di BRI KANCA SINGARAJA, saya membantu dari awal peng-inputan data peserta lelang, pengarsipan berkas lelang, pembuatan undian lelang , pelaksaan lelang sampai dengan penyerahan surat-surat kendaraan dan pembuatan kwitansi pembayaran serta pembuatan surat pelepasan hak pemenang lelang. Di sela-sela waktu persiapan lelang, saya juga sempat diminta mengerjakan beberapa pekerjaan seperti scan nota transaksi, pembuatan kwitansi transaksi dan register pada pembukuan BRI Kanca Singaraja, meskipun di awal kegiatan saya sedikit bingung dengan pekerjaan yang diberikan, tetapi pegawai BRI selalu siap mengajarkan dan membagi ilmu yang dimiliki. Pekerjaan yang diberikan cukup monoton, namun ada beberapa pekerjaan yang ada di hari-hari tertentu seperti register kartu atm per-unit, pemberian label pada kartu atm, pemberkasan, scaning berkas (berkas perjanjian, berita acara, penempatan tugas dll) serta input QA pada starwebsystem.

Tidak setiap hari ada pekerjaan di divisi yang diterima, oleh karena itu jika tidak ada pekerjaan biasanya membantu teman di divisi lain untuk melakukan pekerjaan seperti scanning, register berkas pelunasan dan lainnya. Selain itu, di hari-hari tertentu mahasiswa magang diajak untuk ikut lembur untuk membantu karyawan dalam menyelesaikan pekerjaanya. seperti pada tanggal 11 Desember 2023, mahasiswa magang diajak lembur sampai jam 21:00 PM untuk membantu bagian PAU menyelesaikan pekerjaanya serta membantu dalam packing hadiah dan pelabelan hadiah untuk doorprize. Selain pekerjaan sehari-hari, terkadang mahasiswa magang juga diajak untuk ikut serta dalam acara seperti PESTA RAKYAT SIMPEDES dan pembagian rekening dan kartu debet di SPN buleleng. Selain itu, untuk benar-benar mengetahui dunia kerja, terkadang saya diajak untuk terjun langsung seperti survei CSR di berbagai daerah seperti ( kelompok suka duka ambengan, gitgit, selat, grokgak, bebetin, dan sawan) sampai dengan penyerahan bantuan/ CSR dengan program BRI peduli.

Adapun tujuan dari kegiatan magang ini yaitu untuk mengetahui bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya pada suatu instansi ataupun industri. Selain itu, kegiatan magang juga bertujuan untuk menambah pengalaman, memperluas wawasan, pengetahuan, skill dalam melakukan berbagai pekerjaan sebelum nantinya terjun ke dunia kerja. Maka dari itu, banyak manfaat yang dapat saya terima dan pelajari dari kegiatan magang di BRI Kanca Singaraja seperti ketepatan waktu dalam bekerja, bagaimana pencapaian target, bagaimana lingkungan kerja dan bagaimana proses untuk selalu dapat meningkatkan kemampuan dan skill di pekerjaan yang ditekuni adalah menjadi hal yang sangat penting. Dalam bekerja, menghargai waktu merupakan hal yang sangat berarti, sehingga itu mengajarkan saya untuk tidak membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting.

 











Comments